Senin, 16 April 2012

Konser

Pagi-pagi udah grusak-grusuk gak sabaran, abis subuh cuci baju, masak makanan andalan anak kos seindonesia, mie instan, mantap sekali rasanya kalo lagi kere kayak gini, hari ini ada konser amal untuk palestina di ballroom hotel, udah tak sabar pengen lihat JV, shoutul harokoh, izzis dan tentunya awan nasyid dari semarang, vokalisnya itu lho guanteng banget, hehe. Astagfirullahaladzim. Tapi suwer, ganteng banget kayak pemain FTV yang namanya junior itu loh.
Pas Lagi makan makanan terlezat di dunia tiba-tiba, Suara nasyid The Zikr mengalun indah dari hp ku, sambil berlari aku angkat telfonnya, marwah yang telfon.
“loha mar?” sambil megap-megap kepedesan karna cabe kebanyakan.
“udah mandi belum, temen-temen udah nungguin kita tuh, tak jemput sekarang yah?” klik, hp nya dimatikan, tanpa nunggu aku ber ba-bi-bu-be-bo padahal aku mau bilang setengah jam lagi, aku belum jemur pakean, belum mandi, wah gimana nih. Hmmm demi konser, lupakan pakaian, mandi secepat kilat yang harus kulakukan sekarang.
Teeeeeeeet, teeeeeeeeeet, teeeeeeeeet. Waduh bunyi klakson marwah, ginama nih
, untung udah selesai sholat dhuha. “ lima menit mar, lagi pake krudung” kocar-kacir sendiri didalam kamar yang ngalahin kapal pecah, tas yang di depan mata sampe-sampe gak kelihatan karna bercambur aduk dengan bantal, guling, dan buku-buku.
“buruan, keburu izzis nya balik ke jakarta”teriak marwah, batinku jangan dulu dong, aku kan belum sempat liat, nanti kalian nyesel loh gak di nonton aku, eh salah, nanti aku yang nyesel gak nonton kalian.
“ok, kita brangkat sekarang” aku muncul didepannya dan langsung memakai helm, ayo tarik maaaang.
Sesampai disana, teman-teman udah pada tunggu di pintu masuk hotel. Subhanallah, aku berdecak kagum melihat partisipasi saudara-saudaraku orang indonesia, begitu pedulinya mereka pada palestina, meskipun kita tidak termasuk negara kaya, tapi kita adalah negara peduli, peduli dengan sesama, mau ikut serta merasakan apa yang diderita saudara-saudara seiman di palestina, ikut berkontribusi untuk mereka, para penyelenggara konser amal begitu semangatnya, terlihat di guratan wajahnya, wajah yang menyiratkan semangat yang tinggi, semangat berkorban yang tinggi, mereka dengan kantong berwarna biru, berdiri berjejer, dan pengunjung dengan senang hati memberi sebagian dari harta mereka untuk saudara-saudaranya di palestina, aku dan teman-teman juga melakukannya, mengikis dompet kita yang udah benar-benar sekarat.
“mar, ikhwan-ikhwannya ganteng-ganteng ya. hehe?” sontak aku langsung di cubit oleh marwah, ih apa-apan sih marwah nih, sakit tau.
“kita disini ikut partisipasi dalam konser amal, bukan nglirak-ngirik ikhwan tau” marwah plototin aku, hampi-hampir bola matanya yang kayak bulan itu tumpah keluar, ihh serem juga ternyata. Hehe pizz kalo gitu.
“tak apalah, kata pepatah, sekali dayung tiga pulau terlampai, sekali nonton konser, sekalian nglirik, skalian taaruf, skalian nikah, skalian kuliah, skaliannn..”waduh marwah sama teman-teman yang lain mana, aku kok ditinggal, aku kan lagi ngitung pulau-pulau yang harus dilampaui dalam sekali dayung.
“tiara, sini” mreka udah ambil posisi di paling depan, tentunya dibagian depan tempat duduk yang akhwat, masa yang ikhwan, itu sih maunya aku, astagfirullah errorku kambuh lagi, dasar akhwat gadungan.
 Aku sama marwah sering menyebut diri kita akhwat gadungan, karna belum bisa istiqomah, belum bisa menjadi seorang muslimah yang kaffah, masih mencla-mencle, tapi kami adalah orang-orang dengan semangat yang tinggi untuk belajar, berusaha menjadi hamba terbaik di depan Rabb kami, bukan di depan manusia, apalagi ikhwan-ikhwan ganteng, eh ikhwan ganteng lagi.. reflek . suwer. Hehehe.
Acara konser selesai jam satu siang, aku puas, bisa melihat shoutul harokah, ternyata mereka udah bapak-bapak tapi semangatnya, subhanallah luar biasa, ayo yang muda-muda jangan mau kalah, bangkitkan semangat juang kita. Kami buru-buru keluar dari hotel menuju masjid yang ada di sebelahnya.
“tia, tiara” ada yang memanggilku, aku mencari-cari suara yang memanggilku diantara kerumunan orang banyak. Eh ternyata kak rizki, anak tekhnik sipil.
“hai kak bro, datang juga, gak mudik ya?” ni orang ganteng ngapain sih pake nyapa segala, bikin grogi aja, tuh kan aku nanya aja nglantur, dia kan orang luar pulau kalau pulang kan pas lebaran aja, lah ini masih kuliah aktif juga..hehe
“nggak, kan lebarannya masih tahun depan, tahun depan aja pulangnya, sama siapa kesini?”
“ sama teman-teman” aku berbalik, mau bilang nih sama marwah dan teman-teman yang lainnya, hah mreka kemana, pasti udah duluan. “wah, teman-temanku udah ke masjid duluan”
“ooo, gimana kuliahnya, tahun depan lulus kan?”
“insyaAllah amin, lulus, kak rizki juga kan, udah smester sembilan juga, biar kita lulus bareng kak” so imut nih aku, sok tau lagi, untung kak rizki orangnya baik, dari tadi senyum terus lagi, bikin aku GR aja..hehe
“iya, iya, kakak usahain, tapi pengen nikah dulu, biar tambah semangat gitu, ada yang selalu motivasi dan selalu tersenyum buat kakak tiap hari, tia mau nggak jadi istri kakak, hehe bercanda aja kok” sambil tersenyum.
Ah kok bercanda sih, beneran aja kak, aku mau kok. “hehe kakak udah pengen nikah ya?”
“iya, gimana tia mau nggak sama kakak?”
Sambil bercanda ku menjawab “iya mau deh, tia mau jadi istri kakak, apa sih yang nggak buat kakak?” error, error, untung marwah udah duluan, kalo nggak aku udah dicubit habis-habisan dari tadi.
“ yaudah kalo gitu bulan depan ya?”
“bulan depan kenapa, kakak mau pulang, apa kakak mau wisuda?” dengan tampang bloon aku bertanya.
“kita menikah bulan depan, katanya tadi iya”mampus aku, tadi kan Cuma bercanda.
“apa kak, menikah? Bukannya tadi kita Cuma bercanda?” bloonku mulai kambuh, kak rizki nih bikin pusing.
“iya tadi kan bercanda, trus bulan depan kita akan realisasikan bercanda kita hari ini, gimana, keren bukan?” dengan santainya kak rizki mengatakannya.
“oooo gitu yah,  bulan depan, okelah” ternyata bukan aku aja yang error bin gila, tapi kak rizki lebih gila bin nekat, untuk kak rizki gak error kayak aku.
“kak aku ke tempat wudhu yang akhwat ya, see you, sampai ketemu lagi, dada” sambil melambaikan tangan dan berjalan menuju tempat wudhu,kak rizki juga berjalan ke tempat wudhu yang ikhwan.
Sebenarnya aku kenal kak rizki udah lama, waktu itu masih kuliah tingkat satu, pas liburan menjelang lebaran idul fitri, aku pulang ke lampung, dan kak rizki mau pulang ke palembang, kak rizki satu bis sama aku, dan dia duduk disebelahku, dia katanya mau ke lampung dulu ke rumah pamannya, abis itu baru ke palembang, dia duduk disebelahku, aku waktu itu yang baru pertama kali bepergian sendirian, merasa tertolong dengan adanya kak rizki, aku muntah-muntah di bis dia yang dengan senang hati ngurusin aku muntah, dan setiap waktu sholat kalau bis tidak mampir, kita selalu sholat berjamaah sambil duduk di bis. Kak rizki banyak cerita waktu itu, aku hanya mendengarkan, karna kepalaku pusing sangat, dia ternyata satu kampus denganku, aku ngambil ekonomi manajemen, dan kak rizki ngambil teknik sipil. Pas di atas feri, kak rizki ngajak aku ke luar, katanya biar aku bisa hirup udara luar yang segar, biar nggak pusing terus kepalanya, di bis terlalu sumpek. Aku nggak mau, aku takut pas jalan aku jatuh karna kepalaku pusing, aku memilih tidur lagi aja, akhirnya kak rizki pergi sendiri, tapi hanya sebentar kemudian balik lagi. Katanya khawatir ninggalin aku dalam keadaan mual plus pusing lama-lama. Kebaikan kak rizki tak pernah ku lupa selamanya, dia pahlawanku, pahlawan bis ku.
Kalau ketemu di kampuz, kak rizki selalu menyapaku sambil senyum-senyum gitu, aku gak mau GR, dia udah seperti kakakku sendiri, tapi lama-lama GR juga sih. Kakakku yang baik hati bin guanteng. Dan sekarang makin gila, mana katanya mau nikah segala lagi. Hmmm
Selepas sholat ku ceritakan pada marwah, marwah antusias banget mendengarkan dan suruh aku cepat-cepat nikah, katanya kalau mau taaruf lagi atau khitbah dia diajakin, marwah langsung mengajukan diri sebagai ketua panitia. Weleh, weleh, semua orang ikutan gila hari ini, aku berinisiatif hubungi mbak santi murabbiku untuk berdiskusi masalah ini, mudah-mudahan mbak santi bisa realistis dan gak ikutan gila kayak kak rizki dan marwah.
Selepas itu aku langsung ke rumah mbak santi, kebetulan lagi dirumah, aku mau ceritakan semuanya, biasanya sih dapat solusi yang bagus kalo curhat sama mbk santi ketimbang sama marwah. Sesampai di rumahnya aku langsung ke pokok permasalahan.
“mbak san, tadi kan aku ketemu kak rizki, kak rizki itu anak semester sembilan teknik sipil, dia juga tadi nonton konser, trus katanya apa coba mbak, dia bilang bulan depan kita menikah, masa iya sih, kita kan masih kuliah, lagian aku juga belum siap jadi istri, aku masih dua puluh tahun mbak, masih kecil kan?” dengan mata yang dibulatkan, mulut yang dimanyunkan, terlihat seperti tampang bloon yang sempurna.
“bagus kalau gitu, kak rizki punya niat yang mulia sama tia, tia juga udah umur dua puluh, udah bisalah jadi istri, mbak santi dukung, kak rizki mau taaruf kapan?” dengan santainya mbak santi merespon, aku tadi berharap mbak santi mengatakan “setelah lulus aja nikahnya”, eh malah di dukung seratus persen.
“mbak, aku kayaknya belum siap deh, ilmu ku masih sedikit, trus aku gak bisa masak kecuali mie instan, tapi lumayan deng, aku bisa nyuci baju, aku juga bisa cuci piring, sapu halaman, sapu rumah dan ngepel juga aku bisa” mbak santi hanya bisa tersenyum mendengarkan kemampuan ku yang ecek-ecek itu.
Setelah pulang dari rumah mbak santi aku langsung tepar di atas kasur, ngantuk banget, semalam abis lembur ngerjain proposal skripsi. Setelah sholat isya aku kembali buka leptop melanjutkan Bab II, target ku bulan ini bisa ujian proposal. Suara The Zikr mengalun indah dari hp ku, ada yang nelfon, kuraih hp ku dan kulihat, hah.. kak rizki calling, hmm angkat nggak ya, pasti kak rizki mau konsul bab III nya ke aku, emang aku dosen pembimbingnya, hehehe nglantur.com.
“loha kakak riz?”
“loha juga dek tia” terdengar suara diseberang sana
“ada apa ya kak, mau konsul proposal yah, maaf hari ini saya tidak punya waktu, hehe” basa-basi yang yang hambar, malah terkesan bloon.
“iya mau konsul poposal nikah, gimana kalo besok kita taaruf, jam sembilan pagi, tempatnya terserah, dek tia yang nentuin aja ya” dengan pedenya dan tanpa beban kak rizki ngomong gitu.
“Kaaaaaaaaaak Riiiiiiiiiizkiiiiiiiiiiiiiii, aku nih lagi sibuk buat Bab dua ku, jangan ganggu, aku mau fokus” aku bisa membayangkan kak rizki pasti kabur ninggalin hp nya, karna dengar teriakan mautku.hahaha
“oke, besok jam sembilan, tempatnya kalau udah ketemu sms kak rizki, selamat fokus, selamat ngerjain proposal, daadaa, asalamualaikum” dan klik, hp nya dimatikan.
Kak rizki edan, kebelet nikah banget tu orang, Allah aku harus gimana, nelfon mama papa lagi, udah tadi, mereka suport banget, katanya nanti nikahnya di lampung aja, mereka akan persiapkan semuanya dari sekarang, huaaaaaaah gubrak. Nelfon mbak santi aja deh, biar mbak santi yang ngatur semuanya.
Mbak santi menyarankan di rumah mbak santi aja, kebetulan besok suaminya juga ada, langsung tak sms alamat rumah mbak santi ke kak rizki edan, dan di balas gambar orang lagi melet. Aku ngajak marwah juga, biar ada temannya, ntar kalo ada pertanyaan yang sulit dijawab bisa nyontek ke marwah, emangnya ujian yeeeeeee.
Di ruang tamu mbak santi, ada aku, marwah, mbak santi, suaminya mbak santi, kak rizki dan temannya kak rizki, aku udah seperti terdakwah, dan disebrang sana kak rizki tenang-tenang aja malah senyum-senyum dari tadi, pamer gigi kali ya..apa mau jual gigi, nggak laku tau. Acara taaruf dibuka oleh suaminya mbak santi, sebagai orang yang tertua dan dituakan belia mengambil posisinya sebagai MC sekaligus moderator, setelah pembukaan selesai, kak rizki di beri kesempatan bicara duluan.
Kak rizki memperkenalkan diri, mengutarakan niatnya untuk menikah, katanya udah siap lahir batin, udah punya penghasilan tetap, insyaAllah cukup untuk hidup sederhana. Kak rizki menjelaskan gimana sampe kita bisa berkenalan, dan satu lagi yang bikin aku kaget, katanya kak rizki sejak di bis dulu, kak rizki udah suka sama aku, masyaAllah udah lama banget berarti, kok aku baru tau sekarang. Pokoknya intinya kak riski udah siap lahir batin. Sekarang giliranku yang dipersilahkan bicara, mampus aku, mau ngomong apa, mgomong masalah ekonomi manajemen gak mungkin.
“ hmm hehe mau ngomong apa ya..pusing aku, hmm kak rizki kok suka sama aku sih, aku kan orangnya celelean, gak malu apa punya istri kayak aku?” dengan tampang udah bloon, malah terlihat lebih bloon dari biasanya.
“cinta itu datang dari Allah, kak rizki mencintai tia karna Allah, mencintai tia apa adanya tia” kak rizki terlihat sangat mantap sekali.
“hmm, kak aku tuh gak bisa masak, tapi bisa nyuci baju dan piring”
“tenang aja masih banyak warung yang jual makanan, ada yang 24 jam buka, insyaAllah kita nggak akan kelaparan” dengan santainya kak rizki nih...
“hmm (sambil megang jidat) apalagi ya,, oiya kak, aku ini gak punya ilmu yang cukup untuk menjadi seorang istri, menjadi muslimah yang baik aja masih harus belajar banyak”
“ emang ada jurusan ilmu peristrian ya, fakultas baru ya,,hehe, kakak juga masih belajar, kita sama-sama belajar, kalau kita tunggu sampe siap versi kita, keburu tua kita, gimana dek, nikah bulan depan yah?”
“hmmm kayaknya aku udah gak punya alasan untuk nolak, terima aja deh kalo gitu” ku mendengar semua orang yang berada di ruangan ini mengucapkan hamdalah dengan lirih. Senyumnya kak rizki mengembang seperti bunga teratai, apa hubungannya coba...
“kesimpulannya kalian sudah siap untuk menikah, barokallah untuk kalian, saya doakan kalian bisa menikah dan tidak ada halangan suatu apapun, pesan saya sebelum kalian berdua resmi menjadi suami istri kalian harus bisa menjaga diri kalian masing-masing” kemudian suami mbak santi tutup dengan doa robitoh dan kafaratul majlis.
Setelah itu kami berpamitan, aku sama marwah pulang, kak rizki juga sama temannya pulang, liat kak rizki tuh gak bisa mingkem, ntar giginya kering tau rasa, senyam-senyum dari tadi. Gubrak...
***
Akhirnya hari pernikahan pun tiba, semua berjalan dengan lancar di lampung, besoknya kami sekeluarga silaturahim ke palembang, ke rumah kak rizki, besoknya kita harus balik ke semarang karna lusanya aku ujian proposal.
Di semarang kami tinggal di rumah kak rizki, ternyata kak rizki udah punya rumah sendiri, rumahnya sederhana tapi sangat menyenangkan, kak rizki kuliahnya sambil kerja, bisnis rumah makan sama teman-teman kuliah, Alhamdulillah lancar, dan sekarang mau merambat ke bisnis butik.
Hari pertama tinggal serumah dengan kak rizki di semarang aku nggak tau mau ngapain, untung kak rizki pandai mencairkan suasana. Rajin pula, wuh makin sayang deh. Jam tiga pagi kita udah pada bangun, qiyamul lail, baca qur’an trus sholat shubuh, setelah itu kak rizki mulai beraksi, mengeluarkan semua isi kulkas, katanya mau buat sarapan spesial buat istri tersayang, aku ikut bantu-bantu, kak rizki udah kayak chef dan aku co chef nya. Aku hanya bantu ngiris-ngiris sesuai intruksi kak rizki, maklum aku nggak punya pengalaman di bidang ini.hehehe. aku tinggalin kak rizki berkreasi sendiri, aku mending rendam baju dan bersih-bersih rumah aja, aku lebih ahli kayaknya di bidang ini.
“dek tia, sarapan dulu yuk, ntar lanjutin lagi” kak rizki memanggilku, aku langsung berdiri meninggalkan cucianku sebentar.
“kayaknya lezat nih, nanti aku diajarin masak ya kak, aku pengen bisa pintar masak?” perutku udah konser dari tadi. aku langsung duduk di depanku udah ada nasi lengkap dengan lauk pauk nya, “kak, piringnya Cuma satu, punya kakak mana, aku ambil satu lagi ya buat kakak”
“ nggak usah dek, kita makan berdua yah, nanti kakak yang suapin dek tia yah” waduh bakalan so imut plus so romantis nih...hehe tak apalah, perdana jadi putri, putri rumah.
Kak rizki duduk di sebelahku, mengambil sendok dan perlahan-lahan menyuapiku, waduh sooooo cuit banget, udah kayak sinetron-sinetron gitu deh....kita makan sambil ngobrol ringan.
“hmmm kak rizki, aku sayang kak rizki, kakak mau kan jadi suami, kakakku, sahabatku,  sekaligus guru ku”
“(kak rizki mengangguk), kakak juga sangat,sangat, sangat, sayang sama tia, tia udah tau kan, kalo kakak jatuh cinta sama tia udah dari dulu dari kita di bis dulu”
“kok bisa kak, gimana critanya kakak bisa cinta sama aku, kan kita baru pertama kali ketemu, malah ngerepotin terus lagi”
“itulah yang namanya cinta pada pandangan pertama, cinta itu datang dari Allah, Allah yang mempertemukan kita di bis, Allah pula yang menumbuhkan rasa cinta itu di hati kakak, sudah lama memang rasa itu ada didalam hati kakak, bukannya kakak tidak berani mengungkapkannya pada tia, tapi kakak tidak ingin kita tersiksa dengan perasaan cinta hanya karna kita belum bisa membingkainya dengan ikatan suci, untuk itu kakak urungkan niat kakak, kakak jadikan cinta kakak sebagai motivasi kakak untuk bekerja mengumpulkan rizki yang banyak, kakak bekerja sambil kuliah, agar bisa nikah secepatnya dengan tia, azzam kakak Cuma satu menikah dengan tia, alhamdulillah Allah mudahkan semuanya, kakak cinta sama tia, tapi Allah lebih kakak cintai dari apapun di dunia ini, termasuk tia” kak rizki menceritakannya dengan lembut, aku terharu dan tak terasa air mataku mengalir, membasahi pipiku, kak riski menghapusnya dengan tangan kak rizki.
“kak, aku bersyukur punya suami seperti kakak, punya suami yang mencintai aku apa adanya, mau menerimaku dengan segala kekuranganku”
“kakak juga bersyukur bisa menikah dengan orang yang kakak cintai”
Ah kak rizki, kak rizki sudah membuatku menjadi orang yang berarti, aku berjanji kak, aku akan berbakti pada kakak sampai maut menjemputku, aku akan berusaha menjadi istri yang baik bagi kakak di dunia dan insya Allah di akhiat. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar